Alat Berat

 Macam Alat Berat dan Fungsinya

spare part wheel loader komatsu

alat berat komatsu

Alat berat biasanya ditemui di area proyek. Banyak alat berat yang harus Anda ketahui jika Anda ingin terjun di dunia ini. Nah, penegrtian alat berat yang sering dikenal di dunia teknik sipil ini merupakan alat-alat yang digunakan untuk memudahkan manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya dalam dunia pembangunan rumah atau perkantoran.

Klasifikasi Fungsional Alat Berat

Alat berat diklasifikasikan dalam berbagai klasifikasi. Contonnya, klasifikasi fungsional alat berat yang didasarkan menurut fungsi-fungsinya untuk operasional pembangunan sebuah bangunan. Nah apa saja klasifikasinya?

  • Alat pengolah lahan

Untuk membangun sebuah bangunan, Anda pasti membutuhkan lahan yang baik guna mendirikan bangunan yang sempurna. Namun, tak jarang jika sebelum pembangunan berjalan, banyak pekerja bangunan yang mencoba menyingkirkan semak atau pepohonan untuk pembukaan lahan. Dengan menggunakan doser, Anda dapat mengangkat lapisan tanah dan untuk membuat tanah tersebut menjadi lebih rata, Anda dapat memanfaatkan motor grader sebagai perata tanah.

  • Alat Pengangkut Material

Untuk mengangkut material, Anda dapat memanfaatkan crane yang mampu mengangkut material secara vertical dan memindahkan material dengan arah horizontal. Jika Anda harus mengankut material dari tempat yang jauh, Anda dapat memanfaatkan truk, wagon, dan belt yang mampu membantu pangangkutan material dari satu tempat ke tempat yang lain dengan mudah.

  • Alat Pemadat

Jika Anda mempunyai pekerjaan proyek yang mengharuskan Anda dalam memadatkan tanah dengan sempurna, alat pemadat seperti tamping toller, compactor, dan pneumatictiredroller merupakan jenis alat berat yang mampu memudahkan Anda dalam memadatkan tanah Anda.

Klasififikasi Alat Berat Menurut Operasionalnya

  • Alat Penggerak

Dengan menggunakan alat penggerak ini, Anda akan lebih mudah dalam memindahkan barang-barang dari satu tempat ke tempat yang lain dengan mudah. Anda dapat memanfaatkan roda kelabang dan ban karet atau yang serig disebut dengan crawler dan belt yang merupakan alat penggerak di conveyor belt.

  • Alat Statis

Untuk mendapatkan klasifikasi alat berat ini, Anda dapat memanfaatkan towercrane dan btching plant dan crusher plant yang baik untuk aspal dan beton. Dengan memanfaatkan alat ini, Anda dapat memindahkan berbagai macam material dan pemindahan tanah dengan mudah.

Macam dan Fungsi Alat Berat

  • Backhoe Loader

Untuk memudahkan Anda dalam pembukaan lahan dari hutan, Anda dapat memanfaatkan alat berat ini untuk mengangkut beberapa material dengan mudah. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan longloader, road builder, dan processor atau harvester yang mampu memudahkan Anda dalam pembukaan lahan baru.

  • Motor Grader

Untuk meratakan tanah secara mekanis, Anda dapat memanfaatkan alat berat ini untuk penggusuran tanah atau meratakan tanggul. Selain alat ini, Anda juga dapat memanfaatkkan alat pembuatan parit dengan crowning ditching, pencampuran tanah dan pencampuran material lain dengan memanfaatkan side cast, atau pemberaian butiran tanah dengan scarifying.


Pencarian terkait:

fungsi alat berat dan klasifikasinya,jenis dan kegunaan sparepart alat berat,jenis part di alat berat,kegunaan spart part alat berat

Leave a Reply

Penelusuran Terkaitclose